Telur Kecap Goreng: Pilihan Masakan Mudah Dicoba

 

(Sumber food.detik.com)

Kalau puasa datang itu paling males kalau disuruh ngelakuin ini-itu, ya kalau pas nggak puasa kita nggak ada masalah soalnya pas capek bisa langsung minum, pas laper bisa langsung makan, tapi pas puasa hukumnya haram ya. 

Karena takut membuat batal puasa + pengen nggak capek. Paling enak pas puasa itu bikin makanan yang anti ribet-ribet club. Artinya masak cuman beberapa menit tapi langsung jadi. 

Sebagai anak kos yang nggak bisa masak, saya menjadi sering masak setelah pindah kos dengan teman saya. Tapi, apa itu berarti saya jadi ahli masak & rajin masak ? Tentu tidak, tapi seengaknya saya sering banget nemenin masak & jadi bisa masak sedikit. 

Dulu yang saya tahu soal telur kalau nggak di dadar, ya digoreng. Paling pol-polan dibuat balado seperti lauk makanan kenduri. Tapi baru awal puasa lalu teman saya buat telur kecap, ini bukan telur digoreng terus setelah mateng di beri kecap. Tapi proses masaknya bener-bener dikasih kecap. 

Bahannya seperti ini ;

Telur ( 2 biji )
Garam
Penyedap rasa
Gula
Kecap
Air putih
Bawang merah
Bawang putih 
Daun bawang (opsional)

Cara buatnya : 

📍Panaskan wajan dengan sedikit minyak
📍Jika sudah panas, tuangkan 2 buah telur yang sudah dikocok diatas wajan
📍Tabur bumbu di atas ( gula, garam, penyedap rasa & kecap)
📍Setelahnya tuangkan air putih, 25 Ml (bisa dikurangi sesuai kebutuhan)
📍Langkah terakhir taburkan irisan daun bawang. 
Jika sudah kecoklatan, sudah siap ditiriskan. 

Pilihan telur kecap ini sangat mudah dibuat ya, bisa menjadi pilihan saat kalian sedang bingung mau masak masakan A atau masakan B. Dengan modal 2 telur & sedikit bumbu  bisa dicoba para ibu, bapak, kakak, adik, mbak, mas & teman-teman di rumah. Good luck, semoga tidak gosong ya / terlalu asin. 

Komentar

Postingan Populer