Suka beli buku, kadang suka baca buku & kadang suka nulis

 

(Salah satu buku favorit saya, "Hijrah Jangan Jauh-Jauh" karya Mbak Kalis Mardiasih)

Saya nggak tahu ya, kesukaan (hoby) itu arti tepatnya yang mana? Apa sekesar suka-suka saja, atau suka banget. Soalnya kalau suka saja sebenarnya hobi saya banyak, kalau suka banget saya kadang suka bingung, mau bilang suka banget melakukan suatu hal, tapi nggak setiap hari juga saya lakukan. Tapi maksud hoby saya di sini, saya ambil dari makna kedua ya ! Suka banget tapi nggak saya lakukan selalu. 

Beli buku itu satu hal yang membuat saya senang, sayangnya saya baru menyadarinya saat sudah masuk kuliah di semester ketiga. Sebenarnya rasa senang saat beli buku sudah saya rasakan masa SMA, tapi saat itu rasa senang saya masih blur, alias belum jelas. Saya ingat, dulu saat SMA saya pernah beli novel di toko dekat sekolah saya, novelnya memang  biasa saja, tapi pas pegang novelnya itu lo, ada rasa "im addicted to" pada diri saya. Meskipun saya sudah punya rasa suka dengan buku, tapi waktu itu hanya sekedar suka dengan bukunya saja, belum suka membaca. 

Nah, proses saya suka beli buku, itu benar-benar saya rasakan pas kuliah, jadi bisa dikatakan beberapa tahun kemudian. Kebetulan waktu itu ada event besar BBW (BIG BAD WOLF) event ini bisa saya katakan luar biasa spesial, karena hanya dilaksanakan di kota-kota besar di berbagai negara & bukunya bisa dibeli dengan harga miring banget & ori ya. Bukan bajakan / copy an. Saya sudah tidak ingat buku apa yang pertama saya beli di BBW. tapi yang jelas sudah ada 10 buku lebih yang saya beli di event BBW dalam waktu satu minggu. Dan itulah pertama kalinya saya membeli buku dengan uang yang lumayan besar ( menurut saya) sampai habis ratusan ribu rupiah. 

Semakin ke sini, kesukaan saya membeli buku berubah menjadi suka membaca buku. Terhitung awal-awal saya baca buku hampir bisa dipastikan setiap hari saya akan terus ketemuan dengan buku-buku yang telah saya beli itu. Saya akan sangat bersemangat mencium, membolak-balikkan dan memandangi cover buku yang saya beli. Namun, penyakit saya tetap ada, seringnya setelah seminggu atau 2 minggu membeli buku pasti akan sedikit menurun rasa semangat saya dalam membaca buku. Kwkwk. Karena itu beberapa kali saya harus kembali membeli buku, agar rasa semangat saya membaca kembali berkobar kembali. 

Membaca itu gandengannya ya menulis. Selaras dengan pernyataan itu, saya jadi mau untuk memulai menulis artikel dan semacamnya. Menurut saya ini langkah bagus, meskipun tulisan saya masih abal-abal, tapi pada akhirnya saya tetap berhasil menulis beberap artikel setelah membaca beberapa buku. 

Jadi dari sini saya akan katakan ada 3 ya hoby saya. Membeli buku, membaca buku & menulis. 

Komentar

Postingan Populer