Target 2021 : Apapun Itu Yang Penting Memperbaiki Diri

 


Di samping perayaan tahun baru yang selalu dirayakan oleh banyak orang di seluruh dunia, resolusi juga sering kali dibicarakan & direncanakan, dalam hal ini resolusi biasanya berbentuk berupa berbagai target-target yang  ingin dicapai selama satu tahun ke depan. Begitupun saya, sebagai anak yang ingin berproges, otomatis setiap tahunnya ada saja hal yang ingin saya capai, tidak lain dan tidak bukan hal itu juga bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kualitas diri saya dari tahun ke tahun.


Menjadi pribadi yang tidak malas & semakin giat berusaha

Dalam beresolusi, umumnya  banyak orang yang memiliki keinginan uluk-muluk, seperti ingin beli rumah, ingin pergi ke luar negeri, memperoleh pekerjaan yang bagus dll. Semua target yang berkaitan dengan materi dan kesenangan duniawi itu memang tidak aneh, tapi saya rasa target untuk memperbaiki diri sendiri juga tidak kalah penting. 

Seseorang tengah menandai catatan yang dia buat
(Photo by Firmbee.com from.Unsplash.com)

Salah satu sisi kekurangan saya yakni masih sering malas & kurang berusaha, mungkin untuk sebagian orang hal itu lumrah, karena memang normal bagi manusia ada di titik bosan. Namun bagi saya menghampiri kesempatan itu penting, dan salah satu caranya yakni dengan sebisa mungkin menghindari rasa malas & giat berusaha.


Membuat artikel jurnal untuk diterbitkan 

Saya merupakan mahasiswi yang duduk di bangku semester 6, dalam hal ini sebagai mahasiswi sudah sewajarnya jika saya kerap bersinggungan dengan yang namanya literasi. Dan sangat perlu untuk diketahui sebagai mahasiwa bahwa sebagai orang yang hidup sebagai akademisi untuk  bisa menerbitkan karya berupa tulisan. Selain bertujuan untuk menjadikan kita menjadi pribadi yang kritis dan mau berusaha untuk memecahkan suatu masalah, kegiatan menulis artikel jurnal dirasa penting untuk mahasiswa karena sekarang bisa sebagai tiket untuk kelulusan S1 dan mampu memperbaiki CV.

 

Menulis banyak cerita dan mengirimkannya ke banyak media

Sebagai mahasiswi yang belajar mengenai jurnalistik, tulis-menulis menjadi satu kegiatan yang sangat akrab dengan keseharian saya, dari sini saya mulai membuat berita, artikel, esai dll. Dari kegiatan tersebut tentu saja selain untuk mengasah kemampuan menulis saya, ada juga keinginan untuk mempublikasikan karya tulisan saya, selain agar semakin dikenal orang, dengan keterimanya tulisan saya dan dengan  ditayangkan karya saya disuatu media membuat saya tau seberapa kualitas karya yang saya tulis.  

 

Sukses dalam berorganisasi

Sejauh ini ada berbagai organisasi yang saya ikuti, yang mana organisasi itu membuat saya semakin mengenal dunia kepenulisan, cara bekerja sama, menambah relasi dll. Dari sini tentu saja pikiran dan waktu juga dibutuhkan, bahkan tidak jarang kita harus bekerja di waktu yang sama dalam organisasi yang berbeda, karena itu terkadang pekerjaan kita tidak bisa tercapai dengan maksimal. Maka dari itu saya ingin di tahun ini bisa lebih maksimal lagi di organisasi yang saya ikuti,  sebelum  di tahun 2022 nanti saya akan  fokus pada momen kelulusan saya.

 

Ikut magang, atau volunteer atau acara lain

Ini juga penting, yakni ikut magang, kegiatan volunteer (relawan) dll, hal yang paling saya suka yakni bertemu dan mengenal teman-teman baru. Begitupun adanya, dalam kegiatan di atas, selalu mebutuhkan kerja sama dengan tim, maka dari itu selain kita bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan kita, dengan ikut berbagai acara di atas juga bisa menambah ilmu baru bagi kita. 

Beberapa relawan duduk setelah membersihkan sampah di Laut
(Photo by OCG saving the ocean from Unsplash.com)

Dan yang bikin bahagia, sertifikat atau penghargaan setelah mengikuti magang, volunteer dll, bisa menjadi nilai plus saat kita apply pekerjaan / beasiswa  nanti.  

Resolusi atau target itu memang  penting untuk dimiliki, dengan begitu kita akan mendapatkan kehidupan yang lebih bagus , dalam artian selangkah lebih baik. Namun meskipun kita memiliki target yang besar kita juga tidak perlu terlalu memaksakam diri, karena yang terpenting memang untuk memperbaiki diri, bukan untuk menyiksa diri apalagi hanya ingin terlihat “hebat” di mata orang lain.

 

#BPNRamadhan2021 #BloggerPerempuanNetwork #blogging #Perempuan #Berkarya #Day7




Komentar

Postingan Populer