ALASAN MULAI NGE-BLOG

 

Segala sesuatu yang terjadi pasti memiliki alasan, yang mana jika diartikan sesuatu bisa terjadi pasti karena ada sebabnya. Sama seperti itu alasan saya memulai blog pun juga bukan main-main , melainkan ada berbagai alasan khusus mengapa saya akhirnya memutuskan untuk membuat blog. Diantaranya yakni karena berbagai alasan di bawah.


1.   Melatih produktivitas diri

(Photo by Brooke Cagle from Unsplash.com)

Sebagai mahasiswi perguruan tinggi yang terus mencoba berprogres, saya mengikuti banyak organisasi di kampus. Salah satunya yakni bergabung dengan LPM yang merupakan kepanjangan dari Lembaga Pers Mahasiswa, tentu saja dari organisasi ini saya mendapatkan banyak insight yang berkaitan dengan kejurnalistikan & kepenulisan.

Dari ilmu yang saya dapat tersebut, pernah rasanya saya merasakan kesia-siaan, karena belum sepenuhnya saya praktekan ilmu yang telah saya dapatkan di dunia nyata. Saya juga teringat kata mutiara dari penulis terkenal Pramoedya Ananta Toer pernah berkata “  Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.”  

Maka dari itu bertepatan dengan peringatan IWD 2020 pada tanggal 8 maret merupakan pertama kalinya dalam sejarah saya membuat tulisan dan mengirimkan tulisan itu ke suatu media. Dan sejak itu pula, saya tidak hanya rajin mengirim tulisan ke media tapi juga membuat blog dan mengisi konten blog saya dengan berbagai postingan menarik & bermanfaat.


2. Sebagai media menyebarkan manfaat dan informasi

(Photo by Absolutvision from Unsplash.com)


Tak bisa  dipungkiri, dengan semakin maju dan berkembangnya teknologi membuat banyak sekali informasi tersebar ke berbagai negara tanpa kenal batas waktu. Namun, sayangnya dalam hal ini hanya sedikit media yang mau untuk  memberikan informasi bermanfaat yang berguna bagi kaum muda khusunya. Maka dari rasa keprihatinan itu, saya putuskan untuk tidak hanya memposting materi yang namun juga informatif & bisa memberikan manfaat untuk selanjutnya saya sebar link tulisan saya lewat media sosial saya seperti whatsapp, instagram, facebook agar bisa dibaca banyak orang.

3. Media mempublikasikan karya

(Photo by Erik Lucatero from Unsplash.com)

Semenjak saya mulai aktif menulis, tercatat ada puluhan tulisan yang saya kirim ke berbagai media. Masing-masing dari mereka ada yang menerimanya tanpa memberikan fee,   ada juga yang menolaknya bahkan ada yang mempublikasikan tulisan saya serta memberi saya fee sebagai apresiasi. Namun, akan timbul pertanyaan, akan dikemanakan file artikel saya yang tidak berhasil tayang ? Apakah saya hapus saja ?  Tentu tidak, disinilah fungsinya blog.  Banyak tulisan yang saya upload di blog itu  merupakan tulisan lama saya yang ditolak oleh berbagai media online, akan tetapi,  beberapa diantaranya merupakan tulisan yang telah terbit di media online.

Disamping itu  saya juga menerima kiriman tulisan dari manapun, seperti  dari teman saya sendiri, dan keterangan ini saya sampaikan dalam salah satu bagian deskripsi di blog saha. Selain tulisan, ada juga karya  ilustrasi dan komik yang saya posting di Blog Pandemi Kita Berkarya.


4. Memperbaiki CV

(Photo by Lewis Keegan from Unsplash.com)

Bukan rahasia lagi jika prestasi akademik bukanlah satu-satunya syarat jika ingin mendapatkan pekerjaan yang bagus. Sekarang ini dunia digital seperti medsos dan website menjadi salah satu nilai plus yang memberikan banyak keuntungan bagi pemiliknya, tak terkecuali saat ingin melamar pekerjaan. Karena itu saya ingin konsisten memposting banyak karya di Blog Pandemi Kita Berkarya agar saat saya mencoba melamar pekerjaan, magang, organisasi atau beasiswa nanti blog ini bisa jadi nilai plus yang bisa menjadi gold ticket saya agar lolos atau terseleksi.

Itu semua merupakan alasan saya membuat blog, sekali lagi bagaimanapun keadaannya,  yang terpenting bagi saya yakni blog ini harus bisa konsisten memberi manfaat dan informasi bagi para pembacanya. Dan saya juga yakin secara tidak langsung dengan berkarya di blog ini juga mampu memberikan manfaat bagi saya sendiri.


#BPNRamadhan2021 #BloggerPerempuanNetwork #blogging #Perempuan #Berkarya #Day2


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 





Komentar

Postingan Populer