3 Bahasa Yang Ingin Aku Kuasai

 



Dalam berkomunikasi antar satu sama lain, seperti antar daerah atau mungkin negara memiliki bahasa yang berbeda. Di dalam negeri saja ada ribuan bahasa yang digunakan oleh 200 juta lebih penduduk Indonesia, maka jangan heran jika beda kota bahasanya bisa beda 180°.

Karena semakin pesatnya teknologi dan arus globalisasi yang tidak bisa dihentikan, sekarang sangat mudah melihat atau belajar kebudayaan orang di berbagai negara. Hal semacam itu bisa membuat seseorang menjadi tertarik dengan kebudayaan di negara lain, bahkan tak jarang membuat seseorang  ingin mempelajari budaya di suatu negara, tak terkecuali bahasa yang mereka gunakan. Karena itu pula  saya juga ingin menguasai beberapa bahasa lain di berbagai negara yang man untuk saya sendiri memiliki tujuan agar  memudahkan saya dalam berkomunikasi dengan berbagai orang.


Bahasa Inggris

Selain sebagai bahasa internasional yang berarti menjadi bahasanya orang diseluruh dunia, bahasa Inggris memang kerap kali menjadi syarat utama dalam bekerja atau melamar beasiswa. Persyaratan itu dianggap lunas setelah kita sebagai non native speaker telah lolos memenuhi nilai tertentu dalam tes TOEFL/IELTS.

Karena alasan itu saya sangat ingin menguasai bahasa Inggris. Di sisi lain saat kita bisa menulis cerita, artikel atau karya ilmiah dalam bahasa Inggris derajatnya pun akan semakin tinggi jika  dibandingkan saat  kita hanya menggunakan bahasa Indonesia, jadi buat kalian yang bermimpi bisa studi / kerja diluar negeri segerakanlah akrab dengan yang namanya bahasa Inggris ya.


Bahasa Belanda

Masih berkaitan dengan bahasa Inggris, sebagai bahasa utama yang ingin saya kuasai, alasan kuat yang membuat saya ingin bisa bahasa Belanda  yakni karena saya ingin kuliah di negeri Kincir Angin ini. Untuk studi jenjang Master sendiri, yakni jenjang kuliah S2 saya nanti memang pembelajarannya tidak menggunakan bahasa Belanda, melainkan dengan bahasa Inggris, namun sebagai pendatang di negeri orang, alangkah baiknya jika saya  juga bisa bahasa negara tersebut meskipun hanya tingkat dasar,  hal ini juga bisa menjadi cara kita menghormati masyarakat setempat.


Bahasa negara manapun

Souvenir warna warni dari berbagai negara 
(Photo by Diego from Unsplash.com)

Mungkin kalian yang membaca tulisan ini akan bingung dengan maksud dari negara manapun, karena tidak ada spesifik negara yang saya tulis. Maksud dari kata itu sendiri adalah negara mana saja,  entah di  benua Asia, Afrika, Eropa dsb.

Alasan dibalik pernyataan tersebut karena di masa depan nanti saya tidak akan tau apakah akan menetap di Indonesia, atau akan pindah negara, atau memiliki 2 kewarganegaraan atau bagaimana dan apapun itu negaranya tentunya negara yang saya tempati nanti, saya ingin menguasai bahasa setempat masyarakatnya.

Fungsi utama dari bahasa adalah sebagai alat komunikasi, kita mungkin ingin menguasai berbagai bahasa di dunia, entah bahasa di negara A, B atau malah Z, namun kita juga harus ingat jika bahasa utama kita adalah bahasa negara tempat kita lahir alias bahasa tanah air kita. Jadi meskipun sudah bisa banyak bahasa, sudah mengunjungi banyak negara, tetap utamakan bahasa negara kita ya, karena ini juga  bagian dari salah satu sikap nasionalisme yang harus kita jaga.


#BPNRamadhan2021 #BloggerPerempuanNetwork #blogging #Perempuan #Berkarya #Day15


Komentar

Postingan Populer