7 Alasan Yang Membuatku Bahagia : Pilih Dapat Uang atau Buku ?

 


Dari total sekian miliar orang diseluruh dunia pastinya terdapat perbedaan kepribadian dan sifat antar satu orang dengan yang lain, dalam satu keluarga saja, misalkan kakak adik, bahkan saudara yang  kembar dominan pun pasti ada perbedaan yang menjadi pembeda diantara mereka. Salah satunya yakni dalam hal memperoleh kebahagiaan, pasti ada hal-hal tertentu yang memicu kebahagiaan bagi banyak orang dan sifatnya berbeda-beda.


Mendapatkan buku gratis

Saya adalah bibliophile, alias penyuka buku, lantas dari itu saya sangat suka jika mendapatkan buku baru apalagi gratis. Sepengetahuan saya sendiri sekarang sangat mudah mendapatkan buku gratis, dua diantaranya yakni ikutan give away atau mengikuti lomba yang memberikan hadiah berupa buku.

Seorang anak laki-laki tengah terkejut saat membuka suatu buku 
(Photo by B. White from Unsplash.com)


Mendapatkan kuota gratis

Internet bukan lagi hal yang bersifat tersier, tapi sudah menjadi hal primer apalagi untuk kalangan pelajar & akademisi, jadi sangat maklum jika saya merasa bahagia saat mendapatkan kuota gratis.

Selain itu dengan mendapatkan kuota gratis kita juga memiliki banyak sekali keuntungan, misal bisa digunakan untuk youtube-an, download drama, main game online dll.


Bisa traveling (berpergian)

Pergi ke suatu tempat baik untuk liburan atau sekedar jalan-jalan memang menimbulkan kecanduan, mungkin dari sini rasa bahagia itu muncul, kegiatan traveling  menurut saya sendiri mampu memberikan banyak manfaat, seperti melatih kemandirian, sebagai media bersosialisasi dengan orang baru, bentuk rasa syukur juga sebagai media untuk memperoleh ilmu. Karena itu pula bahkan Imam Syafi’i memiliki pepatah khusus mengenai traveling :

“Tinggalkanlah negerimu, dan merantaulah ke negeri orang”

Berhubung saya belum  pernah ke luar negeri, sekarang mungkin paling jauh saya masih traveling / berpergian ke luar kota saja. Tapi doakan ya kawan agar suatu saat nanti impian saya keliling dunia bisa terwujud.


Bisa membantu orang

Membantu orang juga bisa menimbulkan kebahagiaan, dan inilah yang saya rasakan saat membantu orang. Saya memiliki cerita, dimana saat saya masih kuliah offline, saya sangat suka pergi ke pasar minggu di daerah Surabaya, dekat dengan kampus saya. Di pojok warung 24 jam, saya selalu menemukan seorang mbah yang usianya sudah renta, saya sangat merasa iba dengan beliau, untunglah saat ke pasar minggu sering kali  saya membawa uang lebih dan untuk beberapa kali saya daoat membantu beliau dengan memberikan sedikit uang. Disini rasa syukur dan bahagia saya muncul, apalagi saat saya didoakan beliau.

Seorang perempuan yang duduk di kursi roda tengah berbincang dengan wanita yang berdiri disampingnya
(Photo by Josh Appel from Unsplash.com)



Menang lomba

Sudah menjadi rahasia umum saat seseorang mampu memenangkan lomba maka dia akan merasa bahagia, rasa bahagia ini muncul karena pengorbanan & usaha saat kita  ikut lomba terbayar lunas. Hal itu yang saya rasakan saat menang lomba, apalagi kalau tau hadiahnya buku & uang, seolah kebahagiaan itu berlipat ganda bagi saya.



Bisa menerbitkan buku

Saya adalah mahasiswi yang menginjak semester 6, ini berarti satu tahun lagi saya akan lulus S1,   dari sini saya memiliki target jika setidaknya ada 5 tulisan saya yang tercetak dalam buku, entah itu buku antologi atau syukur-syukur buku solo saya sendiri. Tak lain selain menimbulkan kepuasan bagi saya, dengan  menerbitkan buku ini berarti tulisan saya akan dibaca banyak orang, dalam waktu yang sama berarti tulisan saya juga memberikan banyak informasi kepada orang yang membacanya.

Berbagai tumpukan buku 
(Photo by Mikolaj from Unsplash.com)


Bisa membeli buku

Yang terakhir adalah membeli buku, ya ini mungkin terbaca aneh, atau biasa saja bagi banyak orang. Tapi bagi saya rasa bahagia saat membeli buku itu muncul apalagi saat saya akan pergi ke toko buku atau saat di dalam toko buku. Entah saya tidak tau apa karena tingkat suka saya terhadap buku sangat besar, atau bagaimana, tapi saya juga sangat bersyukur karena uang beasiswa yang saya dapatkan juga masih bisa saya sisihkan untuk membeli buku baru.

Setiap alasan kebahagiaan orang itu berbeda, banyak dari kita yang bahagia mendapat uang,  mendapat kendaraan atau hadiah materi lainnya dan perlu diketahui jika  itu semua sangat normal. Tapi yang jelas semoga rasa bahagia yang kita dapatkan bukan hanya mampu memberikan kebahagiaan dunia bagi kita, namun juga kebahagiaan yang kekal.


#BPNRamadhan2021 #BloggerPerempuanNetwork #blogging #Perempuan #Berkarya #Day13







Komentar

Postingan Populer