3 Planning "Besar" Untuk 5 Tahun Mendatang

 


Setiap orang pastinya punya rencana dalam beberapa  waktu ke depan, bukan hanya tahun bahkan untuk makan saja orang juga harus memiliki rencana, apakah akan makan makanan berkuah, makan gorengan, makan bakso atau malah akan memilih untuk minum es teh dulu, itu semua merupakan bagian dari rencana.

Bisa dikatakan rencana adalah pemikiran mengenai suatu hal yang akan dilakukan, dan yang namanya rencana pasti ada yang berhasil dan ada yang tidak, hal ini tergantung dengan kondisi dan situasi, dan jikalaupunn tidak berhasil kita seharusnya punya rencana b, c,d,e dst.

Dalam lima tahun ke depan tentunya akan banyak sekali perubahan yang terjadi, saya pun sebagai anak perempuan dan mahasiswi juga penduduk Indonesia (ENI), juga memiliki rencana yang tentunya cukup berpengaruh akan masa depan saya nanti, dan sehubungan dengan itu setidaknya saya memiliki 3 rencana besar untuk 5 tahun ke depan.


Sudah mendapatkan pekerjaan yang bagus

Mendapatkan pekerjaan impian yang bagus dan didambakan banyak orang adalah hal yang lumrah, yang mana biasanya pekerjaan yang bagus selalu disejajarkan dengan gaji yang tinggi. Namun, bagi saya pekerjaan yang bagus itu adalah pekerjaan yang mampu membuat saya merasa  nyaman,swrta mampu memcukupi hidup dan bisa disisihkan sebagai tabungan saya, dan yang terpenting pekerjaan  yang saya miliki harus mampu  memberikan manfaat bagi orang lain.

Seorang wanita tengah bekerja dikantornya
(Photo by Christin Hume from Unspalsh.com)

Saya adalah anak sejarah, yang sangat ingin bekerja dibidang jurnalistik, jadi sekarang saya sangat akrab dengan yang namanya kepenulisan. Saya pikir bekerja dibidang jurnalis itu memiliki banyak manfaat, selain menambah relasi dari rakyat biasa sampai pejabat, kita juga akan b mengetahui banyak hal utamanya tentang seluk beluk kebenaran akan suatu peristiwa.


Sudah menerbitkan / mempublikasikan banyak karya tulisan  (non cetak & cetak)

Saya adalah mahasiswa, saya juga anak LPM (Lembaga Pers Mahasiswa), saya juga anggota devisi pers di organisasi beasiswa saya, kenyataan itu semua membuat saya semakin kenal dan sering bersinggungan dengan yang namanya menulis.

Dalam kenyataanya, saya pernah beberapa kali menulis berbagai jenis tulisan. Seperti cerpen, puisi, opini, artikel dll, dari semua tulisan saya tersebut saya mencoba untuk sering ikut lomba online dan mengirimkan tulisan saya ke media. Di sini saya menemukan realita yang membuat saya bersyukur dan mengharuskan saya banyak belajar, karena ternyata saya tidak pernah sekalipun menang lomba sastra, seperti dalam lomba  puisi & cerpen, melainkan saya lebih cocok untuk menulis tentang artikel / opini . Karena itu hal ini menjadikan saya paham jika saya ini cocok menulis di bidang apa, dan karena itu saya sekarang mencoba  sering-sering ikut lomba menulis artikel & opini / semacamnya agar skill saya dalam menulis terua terasah.

Tumpukan beberapa buku cetak
(Photo by Mikolaj from Unsoalsh.com)

Bicara soal salah satu jenis tulisan yang saya tulis, yakni opini, salah satu tulisan opini saya memang belum psrnah  memenangkan lomba, tapi malah berhasil dipilh untuk dicetak dalam antologi opini yang berjudul “Jalan”, kegiatan ini diadakan oleh inisiator.com. Karena hal itu akhirnya  membuat saya termotivasi untuk sering-sering lagi ikut lomba & berusaha semaksimal mungkin agar tulisan saya yang lain bisa ikut dibukukan.


Kuliah di Luar Negeri (Eropa)

Siapa yang tidak ingin belajar ke luar negeri ? Saya yakin rencana saya yang satu ini juga di Amin-i  & didambakan oleh banyak orang. Negeri tempat saya ingin belajar adalah Netherlands, ya itu merupakan nama lain dari Belanda. Negera kecil di Eropa Barat ini  sukses membuat saya ingin  kuliah ke sana.

Gambar salah satu pemandang gedung di Belanda dan Bendera Belanda
(Photo by Luca Lago from Unsplash.com)

Ada banyak faktor yang membuat saya ingin kuliah ke Belanda, yang mana alasan yang saya miliki tidak main-main, melainkan ini adalah salah satu planing besar saya 5 tahun ke depan. Kampus tujuan saya adalah ISS-EUR, yang merupakan kepanjangan dari International Institute of Social Studies Erasmus University, yang berlokasi di Denhag ( The Hague).

(Photo by Doc. Pribadi)

Dibalik keinginan saya kuliah untuk jenjang Master di ISS EUR tersebut, saya juga memiliki banyak alasan, yang pertama karena Belanda adalah negara maju, yang kedua banyak beasiswa yang terbuka bagi pelajar Indonesia di Belanda, lalu banyak dosen ahli yang menjadi pengajar di universitas itu, dan yang membuat tekad saya makin kuat yakni banyak sekali orang Indonesia yang menjadi lulusan di ISS-EUR.

3 planing di atas adalah rencana jangka panjang yang saya miliki,  tidak banyak memang, tapi butuh usah besar untuk bisa mewujudkan setiap rencana di atas. Di lain sisi saya memiliki keyakinan bahwa apapun itu impian kita, selagi kita mau berusaha, bertekad dan berdoa selalu ada jalan bagi kita untuk mewujudkannya, serta perlu diingat jika Tuhan tidak tidur untuk membantu hambanya.


#BPNRamadhan2021 #BloggerPerempuanNetwork #blogging #Perempuan #Berkarya #Day14






Komentar

Suci Rachmawati Yusuf mengatakan…
semangattttt siist, semoga terwujud apa yang dicitak-citakan :)
Trimakasih atas doanya ❤

Postingan Populer