Bikin Takjil : Kewajiban Mutlak Saat Puasa Ramadhan

 


Semenjak di bulan Maret 2020, ada aturan dari pemerintah jika semua kegiatan diluar rumah, termasuk bekerja & sekolah diliburkan, karena itu banyak dari kita yang harus melakukan kegiatan di dalam rumah, seperti work from home & study from home.

Lambat laun karena pandemi virus corona belum selesai, kegiatan lainnya juga dilakukan di dalam rumah, tak terkecuali saat menginjak bulan puasa. Berbeda dengan tahun-tahun berikutnya saat disekolah / di tempat kerja kita bisa bebas melakukan buka bersama (bukber), dalam 2 tahun terakhir kegiatan puasa kita umumnya hanya bisa dilakukan di dalam rumah, karena itu banyak kisah baru yang terjadi.

Dari pengalaman saya pribadi, ada hikmah besar yang saya dapatkan selama melaksanakan puasa di rumah karena pandemi ini, yakni bisa dekat dengan keluarga terutama nenek saya. Saya adalah mahasiswi yang belajar di luar kota, otomatis sebelum pandemi virus corona datang banyak kegiatan yang saya lakukan di luar kota bukan di rumah, namun, hal ini berbalik saat pandemi ada, karena saya bisa memiliki waktu 24 jam sehari untuk menemani nenek saya.

Biasanya saat sore hari sebelum berbuka puasa, saya & nenek saya akan membuat beberapa makanan untuk takjil, seperti roti canai / pastel, kedua makanan ini berbahan pokok tepung terigu. Dalam proses pembuatannya, biasanya nenek saya bertugas membuat adonan dan membentuknya menjadi kulit pastel yang tipis, sedangkan saya dan ponakan saya bertugas untuk memberi isian pastel & mencetaknya. Lalu jikalau ada yang tersisa kerap kali nenek saya menjadikan tepung pastel itu sebagai roti canai.

Roti canai diatas piring 
(Photo from tokomesin.com)


Memang tidak banyak yang saya lakukan, namun, menghabiskan waktu dengan nenek saya merupakan hal luar biasa, dari sini saya menjadi tahu jika waktu yang kita punya sangatlah berharga, tak jarang juga selama menghabiskan waktu dengan nenek saya untuk  membuat pastel / takjil lainnya, kami bercerita hal yang bermanfaat / menghibur yang tentunya juga sangat berarti buat saya. 


#BPNRamadhan2021 #BloggerPerempuanNetwork #blogging #Perempuan #Berkarya #Day21

Komentar

Postingan Populer