PUASA HARI PERTAMA DI TAHUN 2022 : DI PERJALANAN MENUJU KOS

 

Pergi memasak di rumah ali baba
Masaknya daging ditambah bala-bala
ramadhan  sudahlah tiba
Mari kita perbanyak pahala

Bagus nggak pantunya ? Ya, tentu bagus dong. Tepat pada tanggal 3 april kita sudah resmi mulai melaksanakan  ibadah suci puasa ramadhan, yang dalam tahun hijriyah adalah  tahun 1443 H. Seperti biasa mulainya ramadhan di negara kita berbeda-beda. Termasuk beberapa teman saya sendiri yang sudah mulai melaksanakan ibadah puasa tanggal 2 april kemarin, jadi sejak jumat malam mereka sudah mulai melakukan shalat taraweh. 

Puasa hari pertama tahun ini rasanya agak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena saya harus menghabiskan sekitar 4 jam waktu saya untuk duduk  saja di dalam kereta.  Dalam kata lain saya bisa katakan puasa pertama saya adalah puasa dalam perjalanan. Jam berangkat kereta saya, sekitar pukul setengah 12 siang, dan sampai di kota tujuan saya, di Surabaya sekitar pukul setengah 4 sore. Saya pribadi tidak begitu mempermasalahkan hal ini, akan tetapi agak berat saya rasa untuk meninggalkan nenek saya di rumah. Karena dia akan sering buka puasa dan sahur sendiri,  tapi ya mau bagaimana lagi, saya masih punya tanggungan menyelesaikan tugas akhir skripsi & tugas lain di surabaya. Jadi mau tidak mau untuk masa depan saya yang terbaik saya harus ke Surabaya. 

(Video pendek perjalanan saya naik kereta)

Untuk sahur, saya masih melakukan nya di rumah saya. Rencananya nenek saya akan memasakkan tumis jamur & telur. Enak lo.... tur sehat. Saya tidak tahu harganya berapa, yang pasti makanan ini saya rekomendasikan dari pada beli pentol atau mie ayam.  Rasa masakan nenek saya rasanya selalu enak. Sama persis seperti itu, malam sahur kemarin saya dan nenek  makannya  dengan lauk jeroan tumis. Nenek saya juga sempat membuatkan dadar jagung tadi sore. Kalai ini dadar jagung nya sedikit asin, tapi memang itulah karakter lidah saya. Mau bagaimanapun makanan pasti saya lahap, asalkan halal,,,,,,,hehehe.

Oh iya, perjalanan saya ke kos itu seringnya saya selalu menggunakan jasa ojek online. Dan hampir bisa dipastikan saya sering menggunakan aplikasi Grab. Alasan utamanya ya karena murah & sudah terbiasa. Tapi saya mau membagikan tips nih, agar kalian bisa hemat uang saat akan memesan ojek online (ojol). Yakni jangan lupa klik tulisan promo sebelum memesan ojol. Baru saja kemarin saya mendapat potongan harga yang lumayan. Dari total bayar 11.000, menjadi hanya 5.000 rupiah. (Woww... murah banget). 

Malamnya juga menjadi pengalaman pertama saya akan taraweh di masjid samping kos baru saya. Saya berkata demikian karena ini adalah persinggahan ketiga saya semenjak ngekos pertama kali di Surabaya. Btw, masjidnya bagus & saya yakin akan merasa nyaman & ketagihan taraweh di sana (Aamiin) . Dan juga muga-muga saja juga ada takjil yang disediakan. Kwkwkwkwk. Mungkin itu saja ya cerita tentang  puasa pertama di tahun ini. Semoga ada manfaat yang bisa kita dapat dari tulisan jujur ini. Bye



Komentar

Postingan Populer