Motivasi Membuat Blog Pribadi, Untuk Memperbaiki CV ?

 

(Seorang wanita sedang menulis suatu tulisan.
Photo by Avel Chuklanov from Unsplash.com)

Apa pikiran yang tertancap di otak Anda saat mendengar kata Blogger ? Kemungkinan besar, akan banyak dari Anda yang berpikir soal Blogspot, nulis, website, konten  dll. Itu semua tidak salah, tapi sebenarnya ada banyak sekali cerita dibalik kebiasaan menulis di blog bagi para blogger itu sendiri.

Saya pribadi  kali pertama menulis di blog bertepetan dengan saat Covid-19 mulai melanda di negeri  +62 ini, kejadian itu terjadi sekitar bulan maret 2020. Pada waktu itu saya merasa sangat  bingung,  selain kuliah online aktivitas apa yang bisa saya lakukan? Maka setelah berpikir lumayan serius,  jatuhlah pilihan saya untuk membuat blog dan mulai menulis di sana.

Sebenarnya sebelum mulai membuat blog, saya sudah mencoba untuk membuat tulisan dan mengirimkan tulisan saya ke media online, dan saya masih ingat betul pada waktu itu tulisan pertama saya diterima oleh media online asal Sumatera, namanya Apajake.id.

Rasa senang bukan main saya rasakan, hingga pada akhirnya saya juga memutuskan untuk membuat blog beberapa hari setelahnya. Selain rutin membuat tulisan dan mengirimkannya ke berbagai media online, sedihnya puluhan kali tulisan saya ditolak oleh berbagai media,  mulai dari mojok.co, alif.id, islami.co dsb. Akan tetapi saya tidak menyerah,  jikalau tulisan saya tidak diterima, maka tulisan itu tidak saya abaikan, melainkan akan saya upload di blog pribadi  saya.

Lambat laun  setelah menjalani  kebiasaan menulis beberapa bulan, saya tidak hanya melakukan rutinitas seperti  mengirim tulisan  ke media atau mengupload-nya ke blog pribadi, tapi saya beranikan untuk mengikuti berbagai ajang menulis online, baik itu di tingkat  satu universitas, daerah sampai di tingkat nasional. Dan puji Tuhan, alhamdulillah saya beberapa kali memenangkan lomba dan mendapat hadiah karena menulis.

Dari rentetan kejadian di atas, tentu saja membuat saya yakin jika menulis merupakan passion & bakat saya, selain itu dari waktu ke waktu saya semakin nyata merasakan hasil dari aktivitas menulis. Namun belakangan ini saya sadar, menulis bukan hanya memberikan manfaat kesenangan batin saja, tapi juga memberikan manfaat lainnya.

Dikutip dari web resmi Aplikasi Super, yakni superapp.id setidaknya ada 12 manfaat dari menulis, yang mana salah satunya adalah Membantu Mencapai Tujuan Hidup. Saya sangat setuju dengan pernyataan ini, karena menulis juga memicu saya untuk bisa menjadi pribadi yang tidak menyerah dan menjadi salah satu cara saya dalam mewujudkan impian yang  saya idamkan.

(Contoh ilustrasi CV.
Photo from kamuitubeda.com)

Jujur saya ingin bekerja dalam suatu lembaga pemerintahan dan mendapatkan beasiswa lagi, dari sini saya sadar jika ingin merealisasikan mimpi itu maka saya harus berprestasi dan memiliki CV yang bagus. Tentu dalam hal ini prestasi yang dimaksudkan bukan hanya soal IPK yang tinggi atau juara satu terus di kelas, namun lebih ke pencapaian yang didapatkan secara individual, dan lewat menulis satu per-satu prestasi bisa saya dapatkan.

selaras dengan kalimat di atas,  selain berprestasi dengan menulis,  capaian itu bisa saya masukkan dalam CV saya, dan saya melamar pekerjaan atau beasiswa nanti, capaian tersebut bisa menjadi pertimbangan utama agar mereka bisa meloloskan saya disamping para peserta lainnya. Jadi buat Anda yang belum mulai menulis, cepat mulai ya! Dan rasakan sendiri manfaatnya!

#menulis #lombablog #AplikasiSuper #CV #blog #penulis

Komentar

Postingan Populer